HOT NEWS

Perayaan Hari Jadi Banyuwangi 2009

               
               Dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi (HARJABA) yang jatuh setiap tanggal 18 Desember, menjadi suatu pesta besar bagi Lare-lare Banyuwangi yang  ditunggu kehadirannya.
Hari Jadi Banyuwangi menjadi suatu hal yang dianggap perlu untuk dirayakan dengan berbagai acara yang diselenggarakan untuk memeriahkan hari Ulang Tahun Banyuwangi yang penuh dengan sejarah perjuangan masyarakat Banyuwangi.
Dari sekian banyak acara yang dilaksanakan, beberapa diantaranya yakni diadakannya Arak-arakan Karnival Banyuwangenan Pameran Foto, Souvenir, Kerajinan, Makanan Khas Banyuwangi di Pelinggihan Museum Blambangan tanggal 1-6 Desember 2009 yang dimeriahkan dengan berbagai hasil karya dari pelukis dan fotografer ternama seperti Aries Deddy R, Asril Wildan, dan lainnya.
Selain itu diadakan pula Pameran yang diselenggarkan di sekeliling Taman Sritanjung Banyuwangi. Pada pameran kali ini kerajinan, makanan dan minuman, pelayanan masyarakat, dan masih banyak lagi mendominasi acara yang tampak ramai pada malam hari ini. Diketahui, ada sekitar 28 stand dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Banyuwangi (17/12/2009). Bahkan Bali, Jepara dan Jombang pun turut serta memeriahkan pameran kali ini.
            Berikut beberapa daftar para peserta yang turut memeriahkan pameran ini, diantaranya :
  1. Sanggar Batik Sayu Wiwit,
Sesuai dengan namanya, pada stand ini terpampang berbagai hasil karya berupa berbagai kain batik dengan berbagai motif. Motif yang ditawarkan pun beragam dan sangat menarik.
  1. SMK Sritanjung,
Pada stand SMK Sritanjung, tampak para siswi yang sedang berhias diri dengan mengenakan pakaian batik yang dibantu oleh para guru. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengenakan pakaian batik tidak hanya dengan cara lama, namun juga dapat diaplikasikan dengan gaya busana saat ini tanpa menghilangkan kesan tradisional batik. Selain itu, ini ditujukan pula untuk memamerkan hasil tangan dari para siswi dari program keahlian tata busana SMK Sritanjung dengan menggunakan kain batik kepada masyarakat.


3.      Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi,
Pada pameran ini turut serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Wilayah Banyuwangi. Pada stand ini diadakan pelayan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) secara gratis. Hal ini ditujukan agar bagi masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang masa berlaku KTP dan KK dengan proses yang mudah, agar masyarakat menyadari pentingnya memiliki KTP dan KK dan sebagai bentuk sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi.

4.      Produk Unggulan Jombang,
            Pada perayaan Hari Ulang Tahun Banyuwangi kali ini, juga digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk unggulan dari kota lain. Seperti kota Jombang yang memamerkan foto yang dapat menyala dan tampak hidup. Diantaranya ialah foto Masjidil Haram, kaligrafi dan pemandangan alam.

5.      Pemerintah Kabupaten Jembrana,
Pemerintah Kabupaten Jembrana pun tak mau ketinggalan memeriahkan acara tahunan ini. Mereka memamerkan kerajinan tangan dari kota Jembrana, dengan suasana stand berbalut dengan kebudayaan khas pulau Dewata, tampak dipajang hiasan ruangan seperti bebek dari pohon kelapa, cangkir, tempat lilin, dan berbagai produk kerajinan khas Jembrana lainnya.

6.      Kantor Pelayanan Perijinan,
7.      Bank JATIM,
Tidak luput pula Bank Jatim dengan melakukan sosialisasi berbagai program tabungan dan produk yang dimilikinya, seperti Tabungan Haji, Deposito Berjangka, Tabungan Simpeda, dan Rekening Giro.
Stand Bank Jatim pun juga berhasil mengambil perhatian para pengunjung pameran tersebut. Hal ini karena stand Bank Jatim mengadakan kuis dengan menebak jumlah koin yang terdapat dalam suatu toples dengan mengisi kupon undian yang disediakan, dan bila benar menebak akan mendapatkan hadiah berupa uang sejumlah Rp 500,000,00. Yang lebih menyenangkan lagi, peserta undian tidak hanya para nasabah bank Jatim, semua pengunjung dapat berpartisipasi dalam kuis ini. Dan rencananya akan diundi siapa pemenang kuis ini di hari terakhir pelaksanaan pameran, yakni Minggu, 20 Desember 2009 nanti. Juga ada Mesin ATM yang disediakan bagi para nasabah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi stand ini.

8.      Amphibios,
Stand ini cukup menarik perhatian para pengunjung pameran. Karena stand ini satu-satunya yang memamerkan berbagai senjata buatan lokal pada pameran tersebut. Dengan latar belakang stand berwarna hijau dapat kita lihat dipajang pada etalase berbagai bentuk dan jenis senjata berupa pisau, keris dan pedang dari yang berukuran kecil hingga ukuran besar.

9.      Virdes Batik Collection Simbar Tambo Cluring,
Disini ditampilkan berbagai motif kain batik dengan berbagai warna dan corak.
10.   Asinkrap,
11.    Artshop & Pusat Informasi,
12.   UD. Ketapang Handycraft,
Tampak pada stand ini berbagai pin baik bergambar KPK, Tari Gandrung, dan beberapa hasil Baju Painting dan Kaos Janotok.

13.   Cipta Rasa,
Cipta Rasa merupakan salah satu pusat jajanan khas Banyuwangi yang ikut dalam pameran ini. Tampak berbagai jenis makanan khas yang menjadi jajanan yang dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

14.   Ardial,
Seperti halnya Cipta Rasa, Ardial juga merupakan penyedia jajanan khas Banyuwangi, seperti Ubi Jepang, dan panganan lainnya.

15.   Aspoba,
16.   UD. Srimulyo,
17.   Kelompok Pelangi Sari Mandiri,
Stand yang berada di sebelah barat laut Taman Sritanjung ini menampilkan berbagai barang-barang perabotan rumah tangga yang berbahan dasar bahan-bahan alam. Dengan adanya angsuran yang menggiurkan pada setiap perabot yang dipamerkan semakin menjadi daya tarik pada pameran ini. Barang-barang tersebut diproduksi oleh Oesing Craft Pelangi Sari yang berpusat di Jl. Brawijaya No.3 Banyuwangi.

18.   Asosiasi Pasar Lelang Komoditi Kabupaten Banyuwangi,
Pada Stand ini dapat ditemukan berbagai makanan dan minuman yang jarang kita temui, seperti telor bakar yang dijual seharga Rp 7000,00 , Es Sritanjung yang dapat kita nikmati kesegarannya dengan harga Rp 2000,00 .

19.   KIKU Sardines & Tuna Aneka Food,
20.  Oleh-oleh Khas Banyuwangi Irma Jaya,
21.   UD. Soya Genteng, Banyuwangi,
22.  Aziz Aluminium,
23.  Nina Collection,
24.  Artshop,
Disini tersedia berbagai hiasan rumah hingga accessories seperti gelang yang tentu saja berbahan dasar dari alam yang dijual dengan harga terjangkau.

25.  UD. Putra Meubel,
Putra Meubel menyediakan berbagai perabotan rumah tangga dengan ukiran asli Jepara dengan  diskon tertentu pada pameran kali ini.

26.  Kejaya Handycraft,
Kejaya Handycraft menampilkan aneka kerajinan tangan yang terbuat baik dari tapas kelapa, pelepah pisang, kayu tempurung, dan bahan dasar alami yang berasal dari alam lainnya yang dibuat dan dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi berbagai bentuk barang yang memiliki nilai seni tinggi. Seperti tas dari battok kelapa, tas, box tissue, figura photo, peralatan masak, souvenir, basket,  dan kerajinan lainnya. Kejaya Handycraft berada di daerah Kabat, Banyuwangi.


27.  Murni Susu Kambing Ettawa,
Merupakan agen susu kambing Ettawa. Diproduksi oleh Kelompok Harapan Kita. Beralamat di Jl. Mendut 44 Gg. 15 (Depan Kantor Perizinan masuk ke barat) Desa Telempung, Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

28.  GO Organik 2010.
Dan pada hari penutupan pameran ini (20/12/2009), ada stand baru yang berdiri, yakni Noni Collection, yang memamerkan berbagai jenis kain batik.
Secara keseluruhan, pameran yang memperingati Hari Jadi Banyuwangi yang ke- 238 ini terbilang cukup sukses, melihat dari sisi banyaknya pengunjung yang mendatangi pameran tersebut. 


Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs Anda.

Terima Kasih



Anda sedang membaca artikel tentang Perayaan Hari Jadi Banyuwangi 2009 dan anda bisa menemukan artikel Perayaan Hari Jadi Banyuwangi 2009 ini dengan url http://thebanadziway.blogspot.com/2011/02/perayaan-hari-jadi-banyuwangi-2009.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Perayaan Hari Jadi Banyuwangi 2009 ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Perayaan Hari Jadi Banyuwangi 2009 sumbernya.

0 Comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More