HOT NEWS

Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial untuk Mengingat Lokasi

-->

Oleh :   Tatimmus Sholihaat

           Apakah Anda sering tersesat di sebuah daerah atau lupa akan arah menuju suatu tempat? Anda mungkin pernah mengunjungi suatu tempat atau melewati suatu lokasi berkali-kali, namun masih merasa sulit mengingatnya. Ini mengindikasikan bahwa kecerdasan visual-spasial Anda kurang. Namun hal ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan sebagian besar orang dewasa mengalami hal yang demikian. Lantas apa yang dimaksud dengan kecerdasan visual-spasial? Kecerdasan  visual-spasial adalah salah satu dari beberapa jenis kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam melihat hubungan antarbentuk dan hubungan sesuatu dalam ruang. Beberapa ciri orang yang memiliki kecerdasan  visual-spasial yang tinggi adalah kemampuannya untuk membaca peta, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan dunia sekitar. Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kecerdasan lainnya, yakni kecerdasan jasmaniah. Apabila Anda mampu memperbaiki dan mengembangkan kemampuan di salah satu jenis kecerdasan, secara otomatis hal ini berdampak pada perbaikan kecerdasan lainnya.
            Apakah Anda bisa mengembangkan kemampuan atau kecerdasan ini? Tentu saja bisa. Anda yang sering merasa tidak berdaya ketika berada di suatu lokasi, tetapi tidak tahu arah menuju tempat atau lokasi lain. Jangan merasa kecil hati. Karena baru-baru ini diketahui bahwa wanita lebih muda mengingat rute jalan dibandingkan pria. Namun, wanita dinilai akan merasa kesulitan untuk membaca peta. Tapi mereka mampu menghafal lebih baik rute menuju sebuah lokasi. Demikian klaim sebuah studi baru seperti dilansir Telegraph, Selasa (4/5/2010). Menurut  Luis Pacheco-Cobos, seorang peneliti dari National Autonomous University of Mexico, Mexico City, pria juga diketahui lebih baik dalam menemukan tempat-tempat baru. Dikatakannya, perbedaan ini bisa dilihat dari pembagian peran laki-laki dan perempuan pada peradaban masa lalu. Kaum pria dinilai memiliki kemampuan untuk menemukan lokasi-lokasi berburu yang baru. Sementara wanita bisa mengingat di mana lokasi tempat terbaik untuk menanam bahan makanan seperti buah dan kacang. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Evolution and Human Behaviour, didasarkan pada penelitian terhadap penduduk desa terpencil di Meksiko. Penduduk, baik pria dan wanita diminta menjawab pertanyaan seputar cara untuk mengumpulkan jamur. Hasilnya, kaum pria dinilai menggunakan sekira 70 persen energi untuk mengumpulkan jamur-jamur ketimbang wanita. Padahal keduanya sama-sama telah mengetahui lokasi jamur sebelumnya.
            "Temuan ini menunjukkan bahwa perempuan lebih baik dan lebih mudah menemukan tempat yang tepat untuk urusan gaya hidup yang mengumpulkan daripada laki-laki," ujar Pacheco Luis-Cobos, peneliti Autonomous University of Mexico, Mexico City.
            Dengan hasil penelitian tersebut, bagi Anda pria maupun wanita sebenarnya memiliki kemampuan yang sama, namun hanya berbeda kemampuan yang lebih menonjol. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, Anda dapat melatihnya dengan beberapa trik dalam mengingat suatu rute menuju lokasi  tertentu. Anda bisa mencoba memulai latihan ini dari lokasi yang sudah tidak asing, bisa di sekitar tempat tinggal Anda, di sekitar lokasi kantor, atau lokasi yang sering Anda lalui dari rumah sampai ke kantor. Perhatikan dengan sangat seksama semua hal yang Anda temui dalam perjalanan. Mulai dari nama jalan, bentuk bangunan, petunjuk, rambu lalu lintas, atau lokasi yang kondisi jalannya rusak atau berlubang. Setelah itu, buatlah dalam catatan rute yang Anda lalui secara detail dengan semua informasi yang diperoleh. Saat rileks, coba pejamkan mata Anda dan bayangkan secara jelas rute yang Anda lalui itu. Kesempatan itu akan membuat Anda mengamati objek dengan lebih seksama.
            Mungkin Anda akan menemui nama-nama jalan yang cukup unik di telinga Anda. Visualisasikan nama tersebut di dalam mental pikiran dengan jelas. Biasanya, saat berada di sebuah daerah, Anda akan menemui nama-nama jalan yang dapat dikelompokkan menjadi sebuah kelompok tertentu. Misalnya, nama sungai, buah, pahlawan, dan sebagainya. Tentu, pengelompokan itu akan membantu Anda dalam proses mengingat. Bahkan Anda dapat mengaitkannya dengan sebuah kenangan tertentu.
            Anda juga dapat menggunakan simbol yang dapat memudahkan dalam mengingat nama suatu tempat. Misalnya, Anda mau berkunjung ke rumah teman. Tentu Anda akan menemui berbagai macam petunjuk, seperti belok kanan atau kiri, lurus, atau petunuk lainnya. Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan simbol atau visualisasi untuk hal-hal bersifat abstrak.  Dengan latihan yang teratur dan bersungguh-sungguh, Anda akan bisa meningkatkan kemampuan visual-spasial terutama untuk mengingat lokasi. 



Sumber : Dokumen Pribadi
☺ ☺ ☺


Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs Anda.

Terima Kasih



Anda sedang membaca artikel tentang Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial untuk Mengingat Lokasi dan anda bisa menemukan artikel Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial untuk Mengingat Lokasi ini dengan url http://thebanadziway.blogspot.com/2011/01/meningkatkan-kemampuan-visual-spasial.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial untuk Mengingat Lokasi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial untuk Mengingat Lokasi sumbernya.

0 Comment:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More